SMP Ksatrian 2 Semarang Satu- Satunya di Jawa Tengah yang Miliki Program PTD


SMP Ksatrian 2 adalah sekolah swasta nasional yang memiliki visi “Unggul Dalam Prestasi Berdasarkan Iman dan Takwa serta Kedisiplinan.” Didirikan pada Juni 1987 oleh Yayasan Pendidikan Ksatrian 67. 

Lembaga pendidikan berlokasi di Jl. Pamularsih 96 Semarang ini siap mencetak generasi unggul, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. “Kami tetap mengutamakan pondasi iman dan takwa sebagai jatidiri peserta didik,” ujar Moechamad Joedi Fathoni, S.Pd, M.Si, kepala SMP Ksatrian 2.

Dengan dedikasi dan komitmen tinggi, imbuhnya, SMP Ksatrian 2 juga mengedepankan disiplin, sebagai ruh sebuah kesuksesan. Pembelajaran tidak sekedar mentransfer ilmu, namun juga mendidik. Dengan demikian diharapkan akan mampu mencetak  generasi yang agamis, nasionalis, disiplin, berdedikasi, berkomitmen, hormat kepada orang tua, dan sayang kepada sesamanya. “Nilai-nilai tersebut  sangat dibutuhkan dalam menyiapkan generasi emas 2045 dan menyongsong era revolusi industri 4.0 yang sangat kompetitif,” ujar sosok energik ini. 

Modern dan Profesional

Ditambahkan oleh Pak Joedi, sapaan akrabnya, dalam rangka menyiapkan generasi unggul, maka pengelolaan SMP Kesatrian 2 Semarang dilakukan secara profesional. Tenaga kependidikan yang meliputi Kepala Sekolah, Pendidik, Tenaga administrasi, Pustakawan, dan Laboran disiapkan dengan serius. Tenaga kependidikan harus mempunyai kompetensi yang dibutuhkan dan memenuhi sertifikasi yang dipersyaratkan.  

Menurutnya, program pendidikan dan pelatihan selalu dilakukan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan, agar sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama perkembangan dunia pendidikan. Disamping meningkatkan kualitas software, SMP Kesatrian 2 Semarang juga berusaha keras meningkatkan kualitas hardware-nya. Fasilitas, sarana dan prasarana sekolah selalu ditingkatkan dan dimodernisasi agar dapat memberikan pelayanan pendidikan yang optimal dan modern kepada semua siswanya. 

Setiap ruang dilengkapi dengan pendingin udara, kelengkapan multimedia dan komputer, serta jaringan internet untuk menunjang pembelajaran yang nyaman dan menarik bagi siswa. Disamping ruangan standar dalam SPM, seperti ruang kelas, ruang guru, Laboratorium IPA, SMP Kesatrian 2 Semarang juga dilengkapi dengan Laboratorium PTD, Laboratorium Bahasa, Laboratorium TIK, dan Studio Musik. Semua fasilitas tersebut disediakan untuk memberikan pelayanan yang optimal sesuai dengan kebutuhan siswa.

Sebagai sekolah yang ingin memberikan nilai lebih kepada lulusannya, SMP Kesatrian tidak hanya melaksanakan pembelajaran intrakurikuler, tetapi juga memberikan perhatian lebih kepada kegiatan ekstrakurikuriler. 

Program Unggulan PTD

Salah satu program unggulan SMP Kesatrian 2 Semarang adalah Pendidikan Teknologi Dasar (PTD) atau  Basic Technology Education (BTE), sebagai muatan lokal sekolah. PTD yang  dikembangkan oleh Dirjen Dikdasmen pada tahun 1997 ini adalah  proyek hibah dari Pemerintah Belanda,  khusus untuk sekolah swasta di Indonesia.  SMP Kesatrian 2 Semarang merupakan satu-satunya sekolah di Jawa Tengah yang mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakan program ini pada tahun 2002. 

PTD mampu memberikan nilai lebih bagi siswa.  Yakni  mengenalkan teknologi sejak dini, mengembangkan kemampuan siswa untuk berpikir secara teknologis dengan pendekatan problem solving, berpikir alternatif,  dan menilai hasil kerja. Melalui PTD diharapkan siswa  mampu mengenali masalah yang dihadapi, menganalisis alternatif pemecahan masalah, menentukan solusi, mengeksekusi pilihan solusi, dan mengevaluasi pemecahan masalah yang telah dilakukan. Kompetensi tersebut sesuai dengan semangat Kurikulum 13 yang kental dengan nuansa saintifik.

Implementasi program PTD meliputi 3 (tiga) aspek pokok, yaitu pengetahuan, psikomotor, dan sikap dengan metode pembelajaran problem solving. Ciri khas dalam problem solving ini dikenal dengan istilah PGBU (Pikir, Gambar, Buat, dan Uji). PGBU ini diterapkan untuk semua materi pembelajaran di dalam PTD. 

 Pembelajaran PTD dilaksanakan dengan menggunakan modul, yang terdiri dari modul wajib dan modul pilihan dengan mata pelajaran meliputi Teknologi Pengerjaan Logam, Proses Pertukangan Kayu, Teknologi Komunikasi, Konversi Energi, Teknik Grafika, Instalasi Listrik, Otomotif, Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian, Pengecatan, Pemetaan, Budi Daya Air, dan  Pertamanan. PTD dapat berkolaborasi dengan semua mata pelajaran, diantaranya Prakarya. “Dengan sadar dan melek teknologi, diharapkan peserta didik mampu bersaing di era global.” 

Ekstrakurikuler:

Pramuka, Palang Merah Remaja, Patroli Keamanan Sekolah, Paskibra/PBB, Bola Volley, Futsal, Karate, Karawitan, Band, Tari Jawa, Tari Modern/Dance, BTA (Baca Tulis Al Qur’an), Qiro’ati (Seni Baca Al Qur’an), English Club, Robotik

Prestasi (2019-2020):

Tingkat Nasional:

1. Juara Favorit Indonesia Creative Hydraulic Competition 2019

2. Juara I Indonesia Creative Hydraulic Competition 2019

3. Juara I Dragon Cup se Jawa Bali

4. Juara III ASKI Open National Championship 2019

Tingkat Prov. Jawa Tengah:

1. Juara I Palagan Open Cup I (Tae Kwon Do)

2. Juara I Palagan Open Cup II (Tae Kwon Do)

3. Juara II Piala Dharma Wira Waskita 2020 (Tae Kwon Do)

4. Juara II Tingkat Junior Programming Smart Robotic Competition 2019

Tingkat Kota Semarang:

1. Juara II Kelas Pemuda (Karate)

2. Juara I Kumiter Perorangan Putri Kadet +53 Kandaga Prana Championship II (Karate)

3. Juara III Kata Perorangan Putri Junior Kandaga Prana Championship II (Karate)

4. Juara I IT Smarty Robotic Competition Junior Programming 2019


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukaton Purtomo Priyatmo, SH, MM, Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Guru Harus Sejahtera

Tomat Hitam Kaya Manfaat

SMK Negeri H. Moenadi Ungaran Berkomitmen “Sekolah Mbangun Desa”