Tomat Hitam Kaya Manfaat


Buah tomat biasanya berwarna merah dan hijau. Namun ternyata ada juga yang berwarna hitam pekat. Indigo Rose ini adalah  hasil persilangan antara tomat berwarna ungu dan merah.  Tomat hitam ini bagus untuk kesehatan,  karena kaya akan antioksidan.

Buah yang dalam bahasa latin disebut solanum lycopersicum ini memiliki warna hitam pekat di luar dan merah keungunan di dalamnya. Buah ini awalnya dikembangbiakkan oleh salah satu profesor dari Universitas Oregon bernama Jim Myres, yang sedang menjalani studi mengenai manfaat tomat. 

Ketika menemukan tomat berwarna ungu yang mengandung anthocyanin, ia dan timnya pun memutuskan untuk membuat persilangannya dengan tomat merah, yang akhirnya menghasilkan ‘Indigo Rose’ ini.Buah unik inipun akhirnya dijual perdana di sebuah supermarket Inggris dan cukup banyak peminatnya.

Rasa Unik

Tomat ini memiliki rasa  unik, gabungan antara gula dan asam. Indigo Rose memang tidak semanis tomat pada umumnya.  Lebih bagus jika diolah dengan cara dipanggang atau dijadikan salah satu bahan pembuatan salad. 

Awalnya tomat hitam sama seperti tomat biasa. Warnanya hijau, namun lama kelamaan muncul warna keunguan. Yakni  di bagian atas dekat cupat dan lama-lama keunguan itu menjadi besar dan gelap.  Setelah tua, tomat ini akan berubah menjadi merah tua dan bagian atasnya berwarna ungu kehitaman/gelap. Di Negara Bagian Oregon, buah ini bisa matang sempurna dalam umur 91 hari, setelah masa tanam. Profesor Myers memastikan, Indigo Rose sama sekali bukan termasuk organisme hasil rekayasa genetika (GMO).

Manfaat

 Tomat hitam  tersedia di supermarket beberapa kota besar di Indonesia. Dijual  dengan harga yang cukup tinggi, mengingat manfaat yang dimilikinya. Diantaranya menjaga daya tahan tubuh, setelah seharian kita melakukan aktifitas. Tomat hitam memberikan energi lewat  kalori serta potassium yang dikandungnya. Disamping menjaga kesehatan serta mencegah tubuh dari berbagai penyakit.  Seperti flu,  batuk, sariawan dan peradangan.  

Baik juga untuk program diet, karena kandungan serat yang sangat tinggi. Atau  menurunkan kadar kolestrol jahat, obesitas (kegemukan), kecing manis,  kanker, menjaga kesehatan (jantung, mata, kulit, tulang), menurunkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan pencernaan. (dari berbagai sumber/n)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukaton Purtomo Priyatmo, SH, MM, Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Guru Harus Sejahtera

SMK Negeri H. Moenadi Ungaran Berkomitmen “Sekolah Mbangun Desa”