SMA Sultan Agung I Semarang Membuka Kelas Eksklusif


SMA Sultan Agung (Sula) I dikelola oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) Semarang. Saat didirikan pada  2 Januari 1966,  lembaga pendidikan ini berlokasi di Jl. Suromenggalan 62. Sejak 1968 pindah ke Jl. Seroja, sebelum akhirnya menempati lokasi di Jl. Mataram 657, hingga sekarang. 

Sesuai visinya, SMU Sula I berkomitmen menjadi lembaga pendidikan Islam terkemuka dalam pendidikan, pendalaman dan penghayatan nilai-nilai Islam. Serta penguasaan dasar-dasar iptek, untuk mempersiapkan generasi khaira ummah (umat terbaik).

Dra. Hj. Siti Mubarokatut Darojati, M.Si, kepala SMA Sultan Agung I mengatakan bahwa pihaknya berkhidmat untuk umat melalui pendidikan yang bermartabat.”Komitmen kami adalah membangun generasi khaira ummah,”ujarnya.

Saat ini jumlah peserta didik yang dimiliki sebanyak 984 (516 laki-laki dan 468 perempuan). Dengan 33 rombongan belajar, diampu oleh 69 orang pengajar. Sejak 5 (lima) tahun lalu, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) saat tatap muka, dipisah antara peserta didik laki-laki dan perempuan.

Inovasi Baru

SMA Sula I tiada henti melakukan inovasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Pada tahun ajaran 2020/2021, tepat di usia ke 50,  satu inovasi baru diluncurkan. Yakni   membuka kelas eksklusif (kelas khusus), kelas olah raga dan kelas tahfidz.  

Untuk pertama kalinya,  kedua program baru tersebut masing-masing dibuka sebanyak 1 (satu) kelas. Kelas olah raga ini  bekerjasama dengan Diklat Diponegoro Muda di bawah naungan Persatuan Sepak Bola Universitas Diponegoro (PS Undip). Menurut Siti Mubarokatut, pembukaan kelas ini diharapkan mampu mencetak siswa berprestasi di bidang sepakbola, selain  memperkuat tim sepak bola yang telah ada. 

Sementara di kelas Tahfidz, imbuhnya, kualitas dan kuantitas hafalan Al Qur’an peserta didik lebih dimaksimalkan. “Harapan kami, akan semakin banyak generasi muda yang tak hanya cinta kepada iptek, namun juga kepada Al Qur’an.” 

Fasilitas

SMA Sula I memiliki 3 gedung utama, masing-masing berlantai 3, dengan ruangan ber AC. Dilengkapi dengan laboratorium (kimia, biologi, IPS, computer),  ruang audio visual, multi media, studio musik kedap suara dan free internet hotspot area. 

Ada juga perpustakaan, berisikan lebih dari 25.000 eksemplar dengan 1.500 judul buku. Ditambah sarana OR (lapangan basket, volleyball, bulu tangkis, lompat jauh, hockey, dll), guna pengembangan minat dan bakat peserta didik.  

Untuk memotivasi belajar peserta didik,  pada setiap semester dipilih siswa-siswi berprestasi. Setiap rombel ditetapkan  3 (tiga) siswa yang berhak mendapatkan beasiswa.  

Pembiasaan

Sebagai sekolah Islam, lembaga pendidikan terakreditasi A ini   memberikan porsi lebih di bidang pendidikan Islam. Mata pelajaran agama yang diberikan meliputi Fiqih, Al Qur’an, Hadist, SKI/Tarikh, Aqidah, Akhlak, Bahasa Arab dan BTAQ (Baca Tulis Al Qur’an).

Kegiatan  diawali pada pukul 06.50 dengan sholat Dhuha hingga 07.15 WIB. Dilanjutkan dengan KBM jam ke 1, diawali dengan tadarrus, doa,sedekah pagi,  lagu Indonesia Raya dan literasi. Sementara sholat Dzhur dan Ashar dilaksanakan secara berjama’ah di masjid Thahir Noeri yang mampu menampung 1.500 jama’ah.

Ekstrakurikuler

Sepakbola, Futsal, Bola basket, Pramuka, Ambalan, Bola volley, Karate, Taekwondo, Paduan Suara, Rebana, Band, Sinematografi, Tahfidz, Rohis, Olimpiade (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi), Bahasa Inggris, KIR, PMR, Paskibra, Mading, Jurnalistik, KMS, Tari Saman 

Prestasi (2019-2020)

Tingkat Nasional:

1.Juara I EPIC English Day

Tingkat Jateng dan DIY:

1. Juara II Automatic Robnotic (Autobot)

2. Putri Bunga

3. Juara I Musabaqah Hifzil Qur’an

4. Juara II Dakwah Art Competition


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukaton Purtomo Priyatmo, SH, MM, Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Guru Harus Sejahtera

Tomat Hitam Kaya Manfaat

SMK Negeri H. Moenadi Ungaran Berkomitmen “Sekolah Mbangun Desa”