SMK Islamic Centre Baiturrahman Siapkan SDM Takwa, Cerdas dan Trampil


SMK Islamic Centre Baiturrahman didirikan oleh Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam (YPKPI) Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah.  Lembaga ini mengutamakan disiplin belajar dengan mengimplementasikan metode pendidikan sesuai perkembangan jaman. Ditunjang fasilitas yang memadai, sehingga mampu  mencetak lulusan takwa, cerdas dan trampil.

Kurikulum pendidikan dilaksanakan secara terpadu dengan sistem pembelajaran e-learning, contextual learning dan quantum learning. Sedangkan kurikulum pendidikan agama dititikberatkan kepada bina baca dan kajian Al Qur’an, hafalan surat dalam Al Qur’an dan hadist,  serta kajian tauhid, aqidah dan akhlak.

Jurusan

SMK Islamic Centre Baiturrahman membuka jurusan Perbankan Syariah dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).  Jurusan Perbankan Syariah melahirkan SDM pendidikan ekonomi Islam dengan kompetensi memenuhi standar  yang dibutuhkan oleh industri perbankan dan lembaga keuangan syariah. Perbankan Syariah ini  menjadi jurusan pertama SMK di Jawa Tengah atau bahkan di Indonesia. 

Sementara TKJ membekali peserta didik dengan ketrampilan,  pengetahuan dan sikap agar kompeten menginstalasi perangkat komputer personal dan sistem operasi  dan aplikasi, serta  perangkat jaringan berbasis lokal dan luas.

Obsesi dan Harapan

Irham Latif, S.Kom, kepala SMK Islamic Centre Baiturrahman mengatakan bahwa tumbuh dan berkembangnya industri modern, kemajuan akal manusia dan arus informasi sedemikian terbuka, merupakan sesuatu yang harus dihadapi. Siap atau tidak siap, karena semua telah berada di depan mata. Tiada kata lain, selain mencoba menyelaraskan kemampuan diri agar tidak semakin ketinggalan. 

Ketatnya persaingan global, imbuhnya, menuntut semua pihak   harus proaktif dan dinamis. Demikian halnya dengan SMK Islamic Centre Baiturrahman ini.  Lembaga pendidikan  berlokasi di Islamic Centre Jl. Abdul Rachman Saleh 285 Semarang ini terus membangun kemitraan dan kerja sama dengan pihak ke 3. Seperti Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI), para pakar/teknisi  dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Bekali Siswa dengan Sertifikat P3

Irham Latif menambahkan bahwa lulusannya tak hanya mendapatkan Sertifikat P1, namun juga P3. Sertifikat P3 ini dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi di Jakarta, dengan rekomendasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) Pusat. 

Ia mengakuti tidak mudah mendapatkan sertifikat P3 tersebut. Peserta didik harus melewati seleksi kompetensi keahlian yang cukup berat dan melelahkan.    “Gerakan pembaharuan pendidikan merupakan suatu kebutuhan dan keharusan. Derasnya  arus globalisasi secara langsung menuntut berbagai pihak untuk berupaya meningkatkan kemampuan diri agar mampu bersaing di kancah global,”imbuhnya. 

SMK Islamic Centre Baiturrahman menjadi satu dari sedikit lembaga pendidikan setingkat sekolah menengah yang mengikutkan peserta didik dalam uji kompetensi  sertifikat P3. Biasanya kegiatan tersebut diikuti oleh Perguruan Tinggi.

Lantas apakah harapannya kepada pemerintah? Ia berharap pemerintah memberikan support kepada lembaga pendidikan swasta yang memiliki keunggulan kompetensi, agar semakin maju dan berkembang. Support tersebut diantaranya memberikan bantuan peralatan laboratorium dan praktek.(nn)

Prestasi (2 tahun terakhir)

Tingkat Kota Semarang:

1. Tilawah Putri      juara III (2018)

2. Karate      juara I dan III (2018)

3. Karate POPDA juara III (2018)

4. LKS juara III (2019)

5. Desain Grafis juara III (2019)

6. Tari         juara III (2019)

Tingkat Provinsi Jawa Tengah:

1. Pencak Silat (2018)

2. Pencak silat juara I, II dan III (2019)

3. PMR juara I (2019)

Tingkat Nasional:

 Wushu juara III (2018)


YAYASAN PUSAT KAJIAN DAN PENGEMBANGAN ISLAM

MASJID RAYA BAITURRAHMAN JAWA TENGAH

SMK ISLAMIC CENTRE BAITURRAHMAN 

Jl. Abdul Rahman Saleh no. 285 SEMARANG

Telepon: (024) 766 34 220

smkicbaiturrahmansmg.sch.id, e-mail: smkicb@gmail.com


Kepala, 


Irham Latif, S. Kom



PROGRAM KEAHLIAN:


- TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

- PERBANKAN SYARIAH


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukaton Purtomo Priyatmo, SH, MM, Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Guru Harus Sejahtera

Tomat Hitam Kaya Manfaat

SMK Negeri H. Moenadi Ungaran Berkomitmen “Sekolah Mbangun Desa”