Sensasi Rasa Tahu Gimbal


Indonesia tidak hanya dikenal dengan kaya akan tradisi dan budaya. Namun juga keanekaragaman makanan tradisional dengan cita rasa yang khas dan sejarahnya masing-masing. Biasanya nama makanannya pun unik-unik. Namun  bukan sembarang penamaan, karena nama tersebut memiliki arti dan sejarahnya tersendiri.

Salah satu makanan tradisional Indonesia yang namanya cukup unik yaitu tahu gimbal. Kuliner ini terkenal di Semarang, Jawa Tengah. Kalian tentu penasaran dengan kata “gimbal’? Apakah sesuatu yang ikal atau keriting? Daripada penasaran ayo buruan rasakan sensasi nikmatnya. 

Tahu gimbal  berbahan dasar tahu goreng, lontong, irisan kol atau kubis, toge, telur goreng, dan gimbal. Diberi nama tahu gimbal bukan karena penjualnya yang berambut gimbal.  Gimbal adalah campuran udang goreng yang dilumuri dengan tepung terigu, air, dan beberapa bumbu dapur,  kemudian digoreng sehingga menghasilkan bentuk yang padat menggumpal. Bentuk tersebut dianggap menyerupai rambut manusia yang gimbal. 

Campuran bahan tersebut kemudian ditaburi bawang merah goreng, seledri cincang dan bumbu kacang yang khas, karena menggunakan petis udang. Beda dengan saus kacang untuk pecel Madiun yang agak kental. Saus bumbu kacang untuk tahu gimbal agak sedikit encer. Makanan ini cocok disantap saat siang hari dan didampingi minuman segar.  

Satu porsi tahu gimbal dijual  Rp 15.000,00 hingga Rp 20.000,00. Bisa  dijumpai di banyak tempat, salah satunya di sekitar kawasan Taman KB, sekarang disebut Taman Indonesia Kaya Jl. Menteri Supeno. (GNFI/Tono)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukaton Purtomo Priyatmo, SH, MM, Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Guru Harus Sejahtera

Tomat Hitam Kaya Manfaat

SMK Negeri H. Moenadi Ungaran Berkomitmen “Sekolah Mbangun Desa”