Meraup Rupiah dari Hobi Desain Grafis


Menjadikan hobi sebagai pekerjaan yang menghasilkan uang, bukanlah sebuah mimpi.  Hobi bisa menjadi salah satu sumber penghasilan. Namun akan sia-sia jika anda tidak memulainya. Kuncinya adalah tahu dimana dan bagaimana bisa mendapatkan bayaran dari melakukan hal yang anda senangi.

Perkembangan teknologi menjadi jalan dan akses beberapa hobi yang mampu menghasilkan uang. Salah satunya adalah desain grafis. Sama halnya seperti web designer, seorang desain grafis mampu meraih untung besar, dengan menjual jasanya kepada orang atau perusahaan yang membutuhkan kemampuannya.

Lebih Mudah Diserap

Di era perkembangan teknologi ini, visual adalah segalanya. Desain grafis merupakan suatu bentuk dari komunikasi visual yang memanfaatkan gambar sebagai media untuk menyampaikan pesan atau informasi seefektif mungkin.Informasi yang disampaikan melalui visual cenderung lebih mudah diserap ketimbang sekedar tulisan. Nah, jika anda senang mendesain atau membuat karya visual secara digital, maka anda adalah orang yang beruntung. Saat ini, lowongan pekerjaan sebagai desain grafis tersebar dimana-mana.

Kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul “New Kind of Printing Calls for New Design,” yang ditulis oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika.

Desain grafis ini berasal dari dua kata, yakni desain dan grafis. Desain adalah metode perancangan estetika yang didasari dengan kreatifitas. Sedangkan grafis adalah ilmu dari perancangan titik maupun garis, sehingga akan membentuk sebuah gambar yang dapat memberikan informasi serta berhubungan dengan proses pencetakan. 

Menyampaikan Ribuan Pesan

Penggunaan umum dari desain grafis antara lain desain perusahaan (logo dan merek), desain editorial (majalah, surat kabar, dan buku), desain lingkungan, periklanan, desain web, desain komunikasi, dan kemasan produk. Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. 

Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.Gambar desain menyampaikan sebuah pesan 1000x lebih kuat dibandingkan ribuan tulisan kata tanpa ilustrasi.Gambar lebih mudah dicerna maknanya dan diterjemahkan oleh otak manusia. Oleh karena itu penggunaan gambar yang kuat, tegas, dan berani, sangat cocok untuk diimplementasikan di berbagai jenis media. Baik di baliho pinggir jalan, poster, maupun digital poster yang disebarkan melalui media sosial. Sebuah desain grafis yang baik, mampu menyampaikan ribuan pesan hanya melalui sebuah gambar. *



 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukaton Purtomo Priyatmo, SH, MM, Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Guru Harus Sejahtera

Tomat Hitam Kaya Manfaat

SMK Negeri H. Moenadi Ungaran Berkomitmen “Sekolah Mbangun Desa”