SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang Mencetak Generasi Unggul, Berkarakter dan Berprestasi


SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 adalah sekolah Islam yang berada di bawah naungan Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam (YPKPI) Masjid Raya Baiturrahman. 

The Global Islamic Elementary School .Lembaga pendidikan bertaraf internasional yang berwawasan global, mengedepankan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya Indonesia, berlandaskan iman dan taqwa kepada Allah SWT serta berdasarkan Pancasila.

Nama Hj. Isriati, diambil dari nama alm. Hj. Isriati istri Letjend. (Purn) H. Moenadi, Gubernur Jawa Tengah periode 1966-1974. Beliaulah yang memiliki gagasan mendirikan lembaga pendidikan Islam di lingkungan Masjid Raya Baiturrahman Semarang.

Berbasis Digitalisasi dan Pengembangan Kompetensi

Amir Yusuf, S.Pd, M.Pd, kepala SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 mengatakan bahwa sekolah fokus pada peningkatan layanan pendidikan berbasis digitalisasi dan pengembangan kompetensi abad 21.  Yaitu kompetensi Critical Thinking dan Problem Solving, Creativity, Communication Skill, serta Ability to Work Collaboratively.

Sementara kurikulum yang diterapkan adalah kolaborasi Kurikulum Nasional dan Kurikulum Internasional (Cambridge Curriculum), dengan penguatan karakter. “Komitmen kami menjadi sekolah digital, berkarakter unggul dan berbudaya prestasi,” ujar sosok murah senyum ini.

Semua kegiatan kesiswaan diarahkan untuk pengembangan diri siswa. Pengembangan diri adalah kegiatan  yang  bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik  untuk  mengembangkan  dan  mengekspresikan diri  sesuai dengan  kebutuhan, bakat, minat,  sesuai   kondisi  sekolah .

Program Layanan 

Lembaga pendidikan berlokasi di Jl. Pandanaran 125 ini  memberikan layanan dengan memperhatikan bakat, minat serta potensi yang dimiliki oleh peserta didik. 

Program layanan tersebut adalah International Class Program, , Tahfiz Class Program, dan Olympiad Class Program. International Class Program memberikan layanan dengan pembiasaan berbahasa Inggris.Tahfiz Class Program memberikan layanan kepada peserta didik untuk menghafal Al Qur’an, dengan pengamalan membacanya  setiap hari. Sedangkan Olympiad Class Program memberikan pelayanan kepada peserta didik untuk mengikuti kompetisi di bidang akademis, olahraga, kesenian berdasarkan kompetensi masing-masing. 

Kesemuanya diampu oleh para pendidik yang berpengalaman dan berprestasi, dengan latar belakang pendidikan S1 dan S2. Dilengkapi dengan ruang kelas ber AC, ruang UKS, perpustakaan, laboratorium computer, ruang BK, internet, lapangan, dll

Mewarnai Dunia

Sejumlah prestasi dalam berbagai even perlombaan, baik tingkat kota, provinsi, nasional hingga internasional telah diraih. Jenis lomba  antara lain  Olimpiade Matematika, Olimpiade Science, Super Brain, KSN IPA, Bahasa Inggris, band, murrotal, sepatu roda, pencak silat, taekwondo, karate, solo drummer, menyanyi, mewarnai, senam ritmik, dll. Beberapa negara penyelenggara lomba tersebut antara lain Malaysia , Singapura dan Hong Kong. Dengan hasil berupa Bronze Medal, Silver Medal dan Gold MedaL. 

Amir Yusuf menambahkan bahwa sekolah berkomitmen mencetak generasi Qur,ani yang unggul di kancah internasional.”Kami berkomitmen menjadi pionir sekolah Islami yang mencetak generasi unggul, berkarakter dan mampu mewarnai dunia,” ujar alumnus S1 dan S2 Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini.  

Ekstrakurikuler

Pramuka, tenis meja, seni tari, senam lantai, seni vocal, karate, seni baca Al Qur,an, rebana, seni baca puisi, band anak, seni lukis, pencak silat, jurnalistik, basket, robotic, taekwondo, biola, videografi, kaligrafi, drum band, dll. 

Kegiatan

Kegiatan Islami, belajar seni dan budaya, fieldtrip, praktikum, komputer, art perform, Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan dokter kecil. *


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukaton Purtomo Priyatmo, SH, MM, Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Guru Harus Sejahtera

Tomat Hitam Kaya Manfaat

SMK Negeri H. Moenadi Ungaran Berkomitmen “Sekolah Mbangun Desa”