Universitas Duta Bangsa Surakarta Siap Mencetak Ilmuwan Entrepreneur Berkualitas Global


Universitas Duta Bangsa adalah penggabungan STMIK Duta Bangsa, APIKES Citra Medika dan AKBID Citra Medika yang sudah cukup terkenal di Jawa Tengah. Dengan penambahan berbagai program studi yang dibutuhkan oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri Sebuah kampus dengan motto "The Global Entrepreneur University."

Penerima penghargaan “Top of Year 2020” dari Jawa Pos ini  mempersiapkan  ilmuwan profesional dan wirausaha muda yang berkualitas global. Untuk membangun jiwa entrepreneurship dan bisnis yang berkualitas global, mahasiswa diwajibkan magang selama 6 (enam) bulan, baik di dalam maupun luar negeri. 

Lembaga pendidikan berlokasi di Jl. Bhayangkara 55 Surakarta ini menjalin kerjasama dengan berbagai kampus dunia. Seperti  Huacheiuw Chalermprakiet, Thailand, Prince of Songkia University, Thailand, Bhurapa University, Thailand, Universitas Kuala Lumpur, Malaysia, Universitas Malaysia Sabah, Malaysia, Nilai University, Malaysia, Univesity Technical Malaka, Malaysia dan Cheng Shiu Eniversity,Taiwan.

Kurikulum Internasional

Dr. Singgih Purnomo, MM, Rektor Universitas Duta Bangsa mengatakan bahwa  pihaknya memberlakukan  kurikulum internasional. Diampu oleh  dosen lulusan Program Master dan Doktor dari berbagai Perguruan Tinggi ternama di Indonesia. Seperti UGM, UI, UNDIP, UNS, AMIKOM, UII, dll. Sedangkan pembelajaran berbasis elektronik, seperti e-book, e-learning, m-book, e-journal. Sehingga mahasiswa dengan mudah mengakses berbagai sumber pembelajaran yang dibutuhkan. . 

Mahasiswa asing, lanjutnya,  juga berkesempatan belajar di Duta Bangsa University melalui magang dan summer camp. Mahasiswa Indonesia  memiliki kesempatan yang sama,  belajar dan berkegiatan bersama mahasiswa asing dalam rangka menjalin mitra internasional dan menanamkan sikap global. “Peningkatan mutu lembaga dan pendidikan, terus kami upayakan melalui berbagai macam program pengembangan serta penjaminan mutu internal dan eksternal,”ujarnya.

Teaching Factory

Universitas Duta Bangsa berbeda dengan universitas lainnya. Materi kuliah yang diberikan berbasis kewirausahaan global. Mahasiswa disiapkan menjadi tenaga profesional dan wirausaha muda berkualitas global.

Mahasiswa dituntut bisa membuka usaha dan mampu berbahasa asing dengan Toefl 450. Serta wajib mengikuti pertukaran mahasiswa dan studi banding ke luar negeri. Di antaranya dengan Thailand, Malaysia, Taiwan, dan Laos. ”Harapannya kami mampu  bersaing dengan universitas lain yang sudah eksis. Baik tingkat   nasional maupun internasional,”ujar lulusan tercepat dengan predikat Cumlaude di program S3 UNS (2020) ini.

UDB dilengkapi fasilitas Teaching Factory, yang didirikan di atas lahan seluas 3 hektare. Berlokasi di Desa Sanggrahan, Kecamatan Grogol, Sukoharjo dan di Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar. 

Teaching Factory dimanfaatkan mahasiswa untuk praktik pelayanan, produksi barang, melayani konsumen, membuat aplikasi sistem komputer, dan sebagainya. Selain itu, juga diproyeksikan sebagai inkubator bisnis UDB. Sebuah hotel yang terintegrasi dengan Teaching Factory, saat ini dalam proses pembangunan. 

UDB juga mengelola desa binaan. Dengan harapan bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui pendampingan. Sekaligus memberikan sumbangan pemikiran inovatif.

Alumnus Universitas Negeri Yogyakarta (S1) dan Universitas Islam Indonesia (S2) menyadari bahwa  di era revolusi industri 4.0, kampus dituntut lebih visioner. Oleh karena itu pihaknya berkomitmen mewujudkan dengan menyediakan fasilitas yang mampu mendukungnya. Ia berharap mahasiswa mampu mandiri dan mengelola usaha mandiri.  “Peluang wirausaha di Indonesia semakin terbuka lebar,”imbuh pria kelahiran Banjarnegara, 1962 ini. 

Fakultas dan Prodi:

Fak. Ilmu Komputer:

- Sistem Informasi  (S1) - Manajemen Informasi (D3)

- Teknik Informasi (S1) - Teknik Komputer (D3)

Fak. Ilmu Kesehatan

- Farmasi (S1) -Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (D3)

- Keperawatan (S1) -Kebidanan (D3)

- Administrasi Rumah Sakit (S1) -Keperawatan (D3)

Fak. Sains dan Teknologi

- Teknik Industri (S1)

- Agribisnis (S1)

Fakultas Hukum dan Bisnis

- Manajemen (S1) - Bahasa Inggris (S1)

- Hukum (S1) - Akuntansi (S1)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukaton Purtomo Priyatmo, SH, MM, Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Guru Harus Sejahtera

Tomat Hitam Kaya Manfaat

SMK Negeri H. Moenadi Ungaran Berkomitmen “Sekolah Mbangun Desa”