SMP Institut Indonesia Berbudaya Lokal Berfikir Global


SMP Institut Indonesia merupakan salah satu sekolah percontohan yang telah mengadopsi ICT (Teknologi Informasi dan Komunikasi), ditunjang dengan tenaga pendidik yang kompeten.

Sekolah  berlokasi  di Jl. Taman Maluku 19 ini menempati  gedung permanen bertingkat.   Full AC, lengkap dengan sarana dan prasarana olah raga, seni tradisional maupun modern dan laboratorium (Fisika, Kimia, Biologi, Komputer,Bahasa), free hotspot,  serta sarana penunjang lainnya. 

SMP Institut Indonesia terus menerus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan lembaga. Termasuk memberikan pelayanan maksimal kepada 466 peserta didik dan orangtua/walinya. Dengan mengedepankan disiplin, diampu oleh 33 guru, berkomitmen menjadi “Sang Juara.” Sebuah akronim dari Sehat, Aman, Nyaman, Giat, Jujur, Ulet, Asih., Rajin dan Amanah.

Sunardi, S.Pd, M.Si, kepala SMP Institut Indonesia berharap tagline “Sang Juara” tersebut mampu memotivasi peserta didik, guru dan karyawan. “Harapannya kondusifitas sekolah tetap terjaga. Semua memiliki etos kerja yang sama,”ujar pria yang mulai 2014 menjadi orang pertama di sini.

Alumnus FPBS Unnes (S1) dan STIPARI (S2) ini berharap lembaga pendidikan yang dipimpinnya selalu di hati masyarakat. Sehingga masyarakat mempercayakan pendidikan putra-putrinya ke SMP Institut Indonesia. Sebagaimana harapan pendirinya, hidup seribu tahun lagi.

Leadership Program

Dengan akreditasi A, SMP Institut Indonesia menjadi yang terdepan dalam membina dan mendidik peserta didik. Sekolah dengan 16 rombel (rombongan belajar) ini menerapkan “Leadership Program.” Yakni mendidik dan membimbing secara maksimal, agar mampu mencetak peserta didik yang cerdas, bermoral dan barkarakter. Harapannya mampu mewujudkan visi SMP Institut Indonesia Semarang yang Berbudaya Lokal Berfikir Global.

Untuk mengembangkan minat dan bakat peserta didik, sekolah menyediakan beberapa kegiatan ekstrakurikuler.  Selama pandemi covid 19, kegiatan ekstrakurikuler ditiadakan. Sedangkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) diselenggarakan dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), via online/daring.

Prestasi Non Akademik (2019 dan 2020)

Tingkat Asean

1. Juara III Kejuaraan Bulutangkis Singapore Championship

2. Runner Up I Busana Batik Pemilihan Wajah Pesona Indonesia dalam Internasional Asian Culture 

Tingkat Nasional

1. Juara III Turnamen Piala ARDES di Tangerang

2. Juara Harapan III Busana Casual Pemilihan Wajah Pesona Indonesia

3. Juara I Kejuaraan Taekwondo Piala Kapolri 

4. Juara I Kejuaraan Taekwondo Piala Kapolri 

Tingkat Jawa Tengah

1. Juara III Model Award

2. Juara I Kejuaraan Bulutangkis Multi Kabupaten Kretek Cup XIV

3. Juara II Kejuaraan Bulutangkis USM

4. Juara I Taekwondo Cup STIE BPD

5. Juara II Djarum Bupati Cup XV

Tingkat Kota Semarang

1. Juara I GSI

2. Juara I Kejuaraan Bulutangkis Atlas Cup

3. Juara II Kejurnas Bulutangkis Walikota Cup ke 46

4. Juara I Berbakat Star Look Model dalam “Fashion Model Competition”

5. Juara III Lomba Fashion Show 3 rd Annversary Kategori C Sanggar Tari dan Modelling Adhi Luhung


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukaton Purtomo Priyatmo, SH, MM, Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Guru Harus Sejahtera

Tomat Hitam Kaya Manfaat

SMK Negeri H. Moenadi Ungaran Berkomitmen “Sekolah Mbangun Desa”