PTS Terbaik di Provinsi Riau


Universitas Lancang Kuning (UNILAK) didirikan oleh Yayasan Raja Ali pada tanggal 9 Juni 1982. Nama Raja Ali Haji dikenal sebagai ulama, sejarawan dan pujangga abad 19 di Kepulauan Riau. 

Ali Haji terkenal sebagai pencatat pertama dasar-dasar tata bahasa Melayu lewat buku “Pedoman Bahasa.” Buku yang menjadi standar bahasa Melayu. Sementara Lancang Kuning adalah sejenis kapal layar yang digunakan oleh para raja-raja dan panglima perang kerajaan Melayu. Harapannya, UNILAK adalah komandan yang mampu memegang kendali keamanan armada perang laut kerajaan Melayu. 

Dr. Junaidi, S.S, M.Hum, Rektor UNILAK (2019-2023), mengatakan pihaknya berkomitmen mengambil spirit yang sama sebagai pemimpin di bidang pendidikan. Sebagaimana visinya, lanjutnya, UNILAK mengedepankan budaya melayu sebagai etika sehari-hari, dengan keunggulan di bidang akademik, prasarana kampus yang modern, dan konsep kampus berwawasan lingkungan. 

Terkemuka

Di penghujung 2020 lalu, UNILAK kembali menerima penghargaan “Komisi Informasi Award 2020” dari KIP Prov. Riau. Penghargaan yang sama juga diterima pada 2017 dan 2019 lalu. Perolehan ini semakin melengkapi penghargaan yang diterima sebelumnya. UNILAK tercatat sebagai satu-satunya universitas swasta yang menerima anugrah tersebut.

Menginjak usia ke 39,  UNILAK tak hanya  menghasilkan lulusan berprestasi di bidang akademik. Namun  juga telah menyumbangkan akademisi handal dan siap bersinergi dengan pemerintah daerah dalam pembangunan. “UNILAK telah menjelma menjadi salah satu kampus terkemuka, seiring dengan semakin meningkatnya minat calon mahasiswa yang ingin berkuliah di sana,”ujar Ketua Umum FDI (Forum Dosen Indonesia) Riau-Kepri ini.

Lembaga pendidikan berlokasi di Jl. Yos Sudarso No.KM. 8, Pekanbaru, Riau ini memiliki 9  Fakultas.  Yakni Fakultas  Ilmu Administrasi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kehutanan, Fakultas Ilmu Komputer,  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kemudian program studi Magister Manajemen dan Magister Hukum, dengan  19 program studi berakreditasi A dan B. 

Berbakti, Teruji dan Berprestasi

Dengan tagline “Berbakti, Teruji dan Berprestasi” alumnus Unpad (S1), UGM (S2) dan University of Malaya, Malaysia (S3) ini berkomitmen mewujudkan UNILAK semakin Unggul dan Gemilang. Oleh karena itu sejumlah percepatan terus diupayakan melalui inovasi – inovasi baru. Seperti peningkatan kualitas pembelajaran, program studi lanjut bagi para dosen, peningkatan sarana prasarana, kerjasama dengan pihak ke 3, dll.

Di bawah kepemimpinan  pria kelahiran Bengkinang, 1972 ini UNILAK semakin berkibar dan menjadi kebanggaan masyarakat Provinsi Riau. Namanya telah dikenal di sejumlah PT dan masyarakat Malaysia.

Visi dan Misi

Visi :

“Menjadi Universitas Unggul di tingkat Nasional Berlandaskan Budaya Melayu”

Misi :

1. Meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan lulusan kompetitif berskala  nasional

2. Melakukan Penelitian dalam rangka menumbuhkembangkan ipteks dan budaya

3. Melakukan Pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menyebarluaskan ipteks dan budaya

4. Menjalin Kemitraan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukaton Purtomo Priyatmo, SH, MM, Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Guru Harus Sejahtera

Tomat Hitam Kaya Manfaat

SMK Negeri H. Moenadi Ungaran Berkomitmen “Sekolah Mbangun Desa”