Eloknya Kebun Raya Baturraden Banyumas


Kebun raya Baturraden berada di desa Kemutug, Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Berbatasan dengan Lokawisata Baturraden dan Bumi Perkemahan Baturraden. 

Pembangunan  kebun raya  ini dimulai sejak 2001, dengan luas keseluruhan 143,5 ha. Berada di kawasan Wana Wisata Perum Perhutani, yang merupakan perkebunan pinus (pinus merkusii), dammar (agathis borneensis), dan rasamala (Altingia excelsa), serta beberapa jenis rotan sebagai sisipan. Kebun Raya Baturraden telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi ex-situ untuk flora pegunungan Jawa.

Kawasan ini baru diresmikan pada akhir tahun 2015 lalu. Selain berfungsi sebagai lokasi wisata, kebun raya ini juga berfungsi sebagai cagar alam, yang memiliki koleksi lebih dari ribuan  spesies tanaman mempesona. Keindahan taman bunga dalam kawasan wisata tersebut sering dimanfaatkan sebagai spot untuk mengambil foto.

Kebun raya ini mengoleksi tumbuhan Pegunungan Jawa, dengan keunggulan lokal antara lain Kantong semar, Pinang, Anggrek Vanda, Rhododendrum, Pohon Mandalaka, dan Polygala.

Revitalisasi

Dirilis dari bisniswisata.co.id, revitalisasi kebun raya Baturraden selesai pada 2019 lalu. Revitalisasi yang dilakukan oleh  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan merangkul Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini, menelan anggaran Rp44,7 miliar.

Disamping konservasi tumbuhan dan keindahan untuk kemajuan pariwisata, kehadiran kebun raya juga bermanfaat bagi konservasi air, tanah, dan udara. Disamping menjadi daerah tampungan air dan menahan air di daratan saat musim hujan..

Mengingat fungsi fungsi kebun raya sebagai  tempat ekowisata, edukasi, dan konservasi,  peningkatan  ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat sekitar, maka pengembangan perlu terus dilakukan.

Sasaran dan Obyek

Berbagai kegiatan wisata bisa dilakukan di sini. Melihat beragam jenis tanaman adalah suguhan utama. Tanaman yang ada di sini dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Taman dibuat di ketinggian yang berbeda. Sehingga ada yang berada di tempat yang agak tinggi,  dan ada yang di tempat yang agak rendah. 

Dengan penataan tersebut, pengunjung bisa berfoto dan mendapatkan pemandangan beragam tanaman di taman.Di sekitar taman  dilengkapi dengan pagar,  agar tanaman tidak rusak karena terinjak.

Selain itu wisatawan juga bisa bermain di berbagai wahana permainan anak-anak, seperti jungkat – jungkit, ayunan,  perosotan, dll. Atau melihat tempat pembibitan, rumah kaca, rumah kompos, rumah anggrek, rumah pohon,telaga sunyi dan telaga pancuran pitu. Sesuai dengan namanya,  Telaga Sunyi  ini memang sunyi,  ditambah dengan bebatuan yang licin. Warnanya yang biru laut menambah indahnya telaga ini. Sementara bagi  para selebgram yang menginginkan foto dengan hasil sangat memukau dan instagramable, silakan mengunjungi Telaga Pancuran Pitu. Namun anda harus menaiki tangga terlebih dahulu. Temukan keindahan dan keelokannya, dengan warna pepohonan hijau dan bebatuan kuning. 

Anda bisa juga mencoba memanah di area panahan, didampingi instruktur yang siap melatih teknik memanah dan membidik target yang baik dan benar. Nikmati juga area taman wisata yang memiliki ketinggian 600-700 mdpl, sehingga memiliki tipografis yang menantang. Dengan suhu sekitar 20-30 derajat celcius, di sini para pesepeda bisa lebih nyaman saat bersepeda. (STN)

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukaton Purtomo Priyatmo, SH, MM, Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Guru Harus Sejahtera

Tomat Hitam Kaya Manfaat

SMK Negeri H. Moenadi Ungaran Berkomitmen “Sekolah Mbangun Desa”