SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang Menuju Sekolah Digital


SMP H. Isriati Baiturrahman  adalah sekolah Islam yang berada di bawah naungan Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam (YPKPI) Masjid Raya Baiturrahman. Lembaga pendidikan berlokasi di Jl. Abdul Rahman Saleh no.285 Semarang ini, berkomitmen mewujudkan peserta didik yang khoiru ummah, unggul dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan iman takwa kepada Allah SWT.

Dilengkapi dengan fasilitas penunjang, memungkinkan siswa lebih maksimal dalam kegiatan belajar mengajar. Ditambah kegiatan ekstrakurikuler cukup banyak dan variatif, sehingga  siswa mampu mengembangkan potensi dan hobinya. Tidak heran jika  SMP H. Isriati menjadi pilihan masyarakat dalam menyekolahkan putra – putrinya.


Keunggulan

Ada  beberapa keunggulan yang dimiliki oleh  sekolah berakreditasi A ini. Diantaranya berintegrasi pada pendidikan agama dalam membentuk pribadi yang mulia, menanamkan jiwa nasionalis dan cinta tanah air, memacu siswa berprestasi, secara akademi, agama, olah raga maupun seni budaya. Lokasi strategis dan mudah dijangkau,  serta lingkungan asri yang mampu  mendukung kenyamanan belajar, menjadi keunggulan lain. 

Eka Putranto Hadi, M.Pd, Kepala SMP H. Isriati Baiturrahman mengatakan bahwa pendidikan  merupakan salah satu aspek dalam  meningkatkan kualitas hidup. Pendidikan yang berkualitas  akan mencetak SDM kompetitif dan profesional. 


Smart School

Dengan branding “Smart School,” SMP H. Isriati Baiturrahman berkomitmen mencetak siswa berprestasi dan berakhlak mulia. Melalui kemajuan teknologi, mengedepankan nilai-nilai prestasi dan religi. 

Harus diakui bahwa keberadaan teknologi menjadi salah satu jalan  meningkatkan kualitas pendidikan. Lewat kecanggihan teknologi, siswa memiliki kesempatan lebih banyak dalam menggali ilmu.  Dosen Universitas Ivet ini  menambahkan bahwa SMP H. Isriati saat sedang berproses menuju sekolah digital.

Direncanakan digitalisasi sekolah tersebut dimulai pada tahun ajaran baru, Januari 2021.Program tersebut, imbuhnya,  tak hanya  mempermudah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), namun juga urusan administrasi, monitoring dan evaluasi, serta komunikasi interaktif dengan orangtua siswa.   “Dengan digitalisasi sekolah diyakini akan membuat proses belajar mengajar lebih menyenangkan, variatif, efektif, dan efisien, serta  akan terjadi  percepatan informasi secara menyeluruh,”ujarnya.

Atas    program digitalisasi sekolah yang dilaksanakan SMP H. Isriati Baiturrahman ini, Eka Putranto Hadi, M.Pd diundang sebagai narasumber dalam Webinar Nasional yang diselenggarakan oleh Kemendikbud, awal Desember lalu. 

Eka Putranto adalah satu-satunya kepala sekolah yang menjadi narasumber dalam kegiatan bertajuk “Strategi Digitalisasi Sekolah di Masa Krisis untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran Masa Depan” tersebut. Narasumber lain adalah dari Pusdatin Kemendikbud, APKASI ( Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia),  perusahaan swasta, dll.

Ekstrakurikuler:

Sinematografi, Robotik, Basket, Biola, Band, Gitar, Keyboard, Rebana, Karate, Jurnalistik, PMR, Tenis Meja, Futsal, Bola Voli, Paskibra, Pramuka, English Club/English Conversation (English Oxford), Tahfizul Qur’an, Khitobah, Video Editing dan Desain Grafis


Prestasi:

Tingkat Asean:

1. Karate se Asean (juara 3)


Tingkat Nasional:

1. Sepakbola Bandung Internasional (juara 1)

2. Football Samphionship (juara 1)

3. Turnamen SBAI Nasional (juara 1)

4. Sepakbola Nasional (juara 2)

5. Kejurnas Karate (juara 3)

6. Kejurnas Karate (juara 2)


Tingkat Jawa Tengah:

1. Lomba New Reading Jambe English Competition (juara 3)

2. Lomba Debat SMP (juara Favorit)

3. Tahfidz Al Qur”an  1 Juz (juara 2)

4. Lomba Cerita Islami (juara 2)

5. Lomba Pidato Islami (juara 2)

6. Lomba Band Sekolah (juara 3)

7. Drummer Terbaik (juara 3)

8. Story Telling (juara 3)


Tingkat Kota Semarang:

1. Lomba Band Sekolah (juara 2)

2. Drummer Terbaik (juara 2)

3. Khitobah MAPSI (juara 2)

4. Lomba Bahasa Inggris tingkat SMP (juara 1)

5. Grammaster, English Marathon (juara 1)

6. Treassure Hunt, English Marathon (juara 2)

7. Vocabulary Game, English Marathon (juara 2)

8. Speaking Contest, English Marathon (juara 2)

9. Fastastic English Competition tingkat SMP (juara 3)

10. Lomba Komputer ( juara 2)

11. Lomba Musik Islami (juara favorit)

12. Lomba Paskibarka dan Komandan Terbaik (juara 1)

13. Lomba Tahfidz Al Qur’an 1 juz (juara 1), dll 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukaton Purtomo Priyatmo, SH, MM, Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Guru Harus Sejahtera

Tomat Hitam Kaya Manfaat

SMK Negeri H. Moenadi Ungaran Berkomitmen “Sekolah Mbangun Desa”