Agar Gowes Tetap Aman


WHO (World Health Organization) telah  menyarankan penggunaan sepeda atau berjalan kaki bagi siapa pun yang akan bepergian, di masa pandemi.  Oleh karena  dapat meminimalisir kontak fisik, sehingga mengurangi penyebaran virus corona.   

Bersepeda dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Bisa juga melatih keseimbangan tubuh,  saat mengendalikan pedal dan setang. Dengan posisi bersepeda yang baik, postur tubuh akan tetap terjaga.  Bagian betis, lutut, dan paha juga dapat dilatih secara teratur untuk tulang kaki yang lebih kuat.

Banyak orang menekuni hobi bersepeda dengan cukup serius. Salah satu daya tarik bersepeda adalah modifikasi yang bisa dilakukan, sebagai bagian dari tren atau gaya hidup. Aksesori dan suku cadang sepeda bukan hanya bisa dipakai sebagai pemanis. Namun perlu  juga untuk mendukung fitur utama sepeda. 

Sepeda akan berfungsi lebih aman dan nyaman saat digunakan jika melaju di jalanan. Tidak semua aksesori sepeda berfungsi untuk gaya-gayaan. Ada banyak suku cadang dan aksesori tambahan yang memang memiliki fungsi khusus untuk menjaga kualitas sepeda tetap optimal.

Pilih Spare Part Terbaik

Saat membeli sepeda, kadang belum disadari ada hal-hal yang  kurang. Sepeda masih baru dan kinclong, sehingga masih terasa sempurna saat dipakai. Namun, setelah beberapa kali dipakai, mulai terasa ada yang kurang. 

Ada beberapa  aksesori dan spare part yang dibutuhkan para pesepeda, sebagaimana dilansir ralali.news.


Lampu Sepeda

Tidak semua sepeda dilengkapi dengan lampu yang bisa langsung dipakai berkendara. Memang telah  ada mata kucing yang cukup untuk menyorotkan cahaya saat kegelapan malam. Namun lebih afdol jika memakai lampu tambahan yang dijual terpisah. Jenis lampu sepeda ada dua, yaitu lampu depan dan lampu belakang dengan jenis lampu LED tahan air.

Saat menggunakan lampu tambahan, pengendara lain akan lebih waspada, terutama ketika lampu bisa berkedip-kedip layaknya lampu sein. Bagi yang suka bersepeda waktu subuh atau malam hari, fungsi lampu sepeda akan lebih maksimal.


Pembersih Rantai

Bagian rantai sepeda juga menjadi komponen penting. Oleh karena itulah kebersihan rantai perlu tetap terjaga. Gunakanlah cairan pembersih. Bagian gir sepeda juga perlu dibersihkan dari kotoran dan minyak yang membandel. Hal ini akan mencegah terjadinya korosi pada bagian rantai dan gir. 


Pelumas Rantai

Semua komponen yang bergerak pada sepeda memerlukan perawatan rutin, salah satunya adalah dengan memberikan pelumas agar komponen bergerak dengan lancar. Pelumas adalah kunci utama untuk memiliki komponen sepeda yang efisien dan tahan lama. 

Drivetrain

Selain pembersih dan pelumas rantai, tentu kita ingin tetap menjaga bodi sepeda tetap kinclong. Nah, gunakan cairan  yang berfungsi membersihkan bagian frame, ban, dan bearing sepeda.

Pompa Ban

Pesepeda harus siap terhadap kemungkinan terjadinya hal tidak terduga. Maka ada baiknya selalu menyiapkan pompa ban. Ada banyak pompa ban yang bisa dibawa ketika bersepeda. Pilih pompa ban yang ringkas,  sehingga lebih mudah dibawa saat bersepeda.

Kunci L

Sepeda terdiri atas beberapa bagian yang tersambung. Salah satunya bagian kerangka dan stang sepeda. Kunci L berfungsi untuk dapat meminimalisasi kemungkinan adanya bagian sambungan yang kendur dan harus dikencangkan kembali. Alangkah baiknya jika sambungan sepeda tidak kendur.  

Hand Grip Double Lock

Kendali pada stang sepeda adalah hal yang paling penting dilakukan oleh pesepeda. Tidak sedikit orang yang mudah berkeringat, terutama di bagian tangan. Keringat akan membuat telapak tangan licin sehingga berbahaya jika tangan tergelincir secara tidak sengaja. 

Untuk menghindari kehilangan kendali saat sepeda menghentak lubang atau batu di jalanan, gunakanlah hand grip double lock. Tangan anda akan  dapat menggenggam stang dengan kokoh.  


Rotating Hook Cable Clips

Sepeda anda mungkin membutuhkan klip kabel ini agar dapat tetap aman selama bersepeda. Kabel rem sepeda akan lebih mudah diposisikan dan tidak menjulur berantakan ke mana-mana. Dengan begitu, kabel akan lebih awet dan terhindar dari risiko terpelintir dan sebagainya. *


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukaton Purtomo Priyatmo, SH, MM, Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Guru Harus Sejahtera

Tomat Hitam Kaya Manfaat

SMK Negeri H. Moenadi Ungaran Berkomitmen “Sekolah Mbangun Desa”