BUMDes Desa Kadirejo Pabelan Kembangkan Jaringan Internet Pertama di Indonesia


Melalui Badan Usaha Pemerintah Desa (BUMDes) Jaya Mandiri, pemerintah  desa Kadirejo, Kec. Pabelan, Kab. Semarang membuat gebrakan. Yakni membangun jaringan internet fiber optik dan hotspot.  Barangkali ini menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Kepala Desa Kadirejo, Riyadi, sebagaimana dilansir oleh ungaran. news mengatakan bahwa ide pembuatan jaringain internet tersebut berawal dengan diberlakukannya WFH (Work From Home) dan SFH (School From Home) di sejumlah instansi dan sekolah. Dalam rangka mengurangi penyebaran covid-19. 

Menurutnya, banyak warga mengeluh karena kurangnya sarana dan prasarana telekomunikasi di desanya. Oleh karena ia lantas menggandeng seorang investor untuk membangun infrastruktur melalui jaringan Telkom Mini. “Kami berobsesi semua warga mampu mengakses internet.”

Promosikan Produk Lokal

Riyadi menambahkan bahwa jaringan ini bisa menjadi sarana promosi  sumber daya alam, hasil alam ataupun kerajinan tangan warga. Warga bisa meng-upload usahanya. Seperti makanan khas desa lothek, peyek, hasil pertanian, dll. Atau pengrajin bambu dan aneka produk UMKM lainnya. Semua bisa dipasarkan melalui market place (media online), agar lebih dikenal masyarakat luas.

Ia berharap ketersediaan jaringan tersebut mampu menumbuhkan potensi pemberdayaan dan produktifitas warga. “Manfaatkan internet no kuota, no FUP tersebut sebaik-baiknya. Sehingga akan muncul blogger, youtuber, dan programmer handal.” 

Menariknya, jaringan tersebut bisa dinikmati hingga ke desa tetangga. Seperti desa Semowo,Giling dan Padaan.  Riyadi berharap desa kelahirannya tersebut menjadi desa model, desa literasi bagi daerah lain. Utamanya di Kabupaten Semarang, bahkan hingga se Indonesia. (n).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukaton Purtomo Priyatmo, SH, MM, Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Guru Harus Sejahtera

Tomat Hitam Kaya Manfaat

SMK Negeri H. Moenadi Ungaran Berkomitmen “Sekolah Mbangun Desa”